Desember 30

In House Training 'Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka'

Diposting Oleh humassmkn4 | Kategori SEKOLAH

In House Training. SMK Negeri 4 Pati, kembali menggelar acara In House Training, atau yang kita kenal dengan sebutan IHT. In House Training merupakan suatu bentuk program pelatihan, yang mana materi pelatihannya ditentukan berdasarkan peminatan peserta, dan berguna untuk meningkatkan kompetensi peserta juga. In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun ajaran baru, sebagai bentuk pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 

          Menjadi guru merupakan tanggung jawab yang besar, perannya tidak main-main membentuk karakter dan mencetak generasi penerus bangsa. Tugasnya tak hanya transfer ilmu, tetapi terdapat rangkaian yang cukup panjang untuk menuju proses belajar di kelas itu sendiri, salah satunya dengan menyusun perangkat pembelajaran. Dalam definisinya, pembelajaran merupakan proses kerjasama antara guru dan peserta didik dengan tujuan memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada. Guru wajib menyusun perangkat pembelajaran untuk proses belajar mengajar. Kegunaan perangkat tersebut ialah untuk pedoman atau petunjuk penyelenggaraan pembelajaran. Dengan demikian, tujuannya memenuhi keberhasilan guru dalam pembelajaran.

Lalu, apa itu perangkat pembelajaran? Nah, perangakat pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu atau alat yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Maka dari itu, perangkat pembelajaran sangat penting disiapkan untuk proses belajar baik di kelas, luar kelas, laboratorium dan semacamnya.

Dalam dunia pendidikan, perangkat pembelajaran merupakan sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Artinya perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran serta bentuk lainnya. Dengan demikian, perangkat ajar yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di kelas antara lain adalah buku teks, modul ajar, maupun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun pemerintah juga telah menyiapkan modul projek sebagai salah satu perangkat ajar di Kurikulum Merdeka.

Untuk memenuhi segala tuntutan zaman dan aturan pemerintah, SMK Negeri 4 Pati memfasilitasi para guru untuk mengikuti IHT dengan tema ‘Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka’. IHT ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dan menghadirkan narasumber yang menguasi Kurikulum Merdeka beserta seluk beluknya. Hari pertama, pembukaan IHT, dibuka langsung oleh Bapak Hartono, S.Si.,M.Pd. yang menyampaikan beberapa gambaran tentang Kurikulum Merdeka. Beliau juga menyampaikan target-target yang harus dicapai oleh para guru setelah mengikuti IHT. Tidak hanya itu, acara IHT di hari pertama pun turut dihadiri oleh Kasubag Tata Usaha Plt.Kasi SMK Cabdin III, Bapak Hariyanto, S.E.,M.M. Beliau hadir di tengah-tengah acara dan memberikan motivasi bagi kemajuan SMK Negeri 4 Pati.

Seusai sambutan dari perwakilan Cabang Dinas Wilayah III, selanjutnya hadirlah narasumber yang sangat dinangikan, yaitu Bapak Bambang Purwanto, S.Pd. (Wakasek Bidang Kurikulum SMK Negeri 1 Blora). Secara singkat, beliau memperkenalkan diri dan berbagi pengalaman yang pernah dijalani. Dari aula, pembelajaran berlanjut ke laboratorium komputer 1. Di sana, para peserta diklat diberikan penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul lengkap dengan cara penyusunannnya. Sungguh pembelajaran yang rumit, namun mengasyikkan. Apalagi cara beliau memaparkan materi sangat menyenangkan dan jauh dari kata bosan. Selama sehari penuh, kami dibekali dengan paparan beserta contoh perangkat pembelajarannya secara langsung.

Seperti arahan dari Bapak Hartono, S.Si.,M.Pd. bahwa IHT ini memiliki target khusus yang harus dicapai, maka di hari ke-2 dan ke-3 IHT kami semua mulai mengerjakan target-target tersebut. Target yang dimaksud antara lain, menyelesaikan 1 (satu) produk perangkat berupa Alur Tujuan Pembelajaran untuk 1 satu elemen dengan menyesyaikan konten tiap-tiap mata pelajaran. Batas akhir pengumpulan tugas ini, yaitu di hariketiga IHT yang selanjutnya masih bisa direvisi sampai dengan tanggal 31 Desember 2022. Tugas-tugas ini diunggah ke dalam google classroom, yang selanjutnya akan diteliti oleh Kepala Sekolah.

 

      Bookmark and Share