Desember 31

IHT-Mewujudkan Gerakan Sekolah Menyenangkan melalui Outing Class

Diposting Oleh humassmkn4 | Kategori SEKOLAH

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan sebuah program inovatif pembelajaran yang bertujuan melakukan transformasi pola pendidikan formal menjadi lebih kolaboratif, inklusif, dan menarik guna mendorong kemampuan diri siswa. Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan gerakan perubahan dari akar rumput yang melibatkan guru dan masyarakat untuk melakukan transformasi terhadap sekolah agar menjadi tempat yang dirindu siswa, sehingga siswa leluasa dalam mengembangkan bakat, passion, penalaran dan talenta terbaik mereka. Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan, dan bekal keterampilan hidup agar anak-anak berjiwa mandiri dan adaptif dalam menghadapi perubahan.

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) adalah gerakan ‘merdeka belajar’ untuk menciptakan budaya belajar yang kritis, kreatif, mandiri dan menyenangkan di sekolah. Gerakan ini berupaya membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan pendidikan dalam merancang sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar. Gerakan ini dapat terlaksana dengan maksimal apabila terjalin kerja sama yang kuat antara guru, peserta didik, serta orang tua. Melalui tiga komponen tersebut, GSM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk membangun lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.

Baru-baru ini Skampat kembali menggelar acara In House Training (IHT) untuk kesekian kalinya. Berbeda dengan IHT sebelumnya, kali ini Skampat mengambil lokasi outdoor. Pijar Park menjadi salah satu pilihan lokasi terdekat yang dipakai dalam kegiatan IHT tersebut. Menurut sejarahnya, Pijar adalah kependekan dari Pinus Kajar. Lokasi Pijar Park sendiri terletak di Dersaya, Kajar, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Kurang lebih rombongan IHT Skampat menempuh jarak 21 kilometer untuk sampai di lokasi. Kegiatan seperti ini selain untuk menambah wawasan, juga sangat berguna untuk merefresh pikiran di masa libur sekolah.

Sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), Skampat mengawalinya dengan uji coba terhadap guru dan tenaga kependidikan (tendik) terlebih dahulu. Para guru dan karyawan diajak untuk mengikuti serangkaian acara IHT di Pijar Park. Sampai di lokasi, seluruh peserta IHT bersiap diri untuk berbaris di alam terbuka dengan suasana sejuk dan angin yang cukup kencang. Sebagai bentuk simulasi, di sini kami (para guru dan tendik) berperan sebagai peserta didik, sedangkan pemandu acara  berperan sebagai guru. Dipimpin oleh pemandu acara, kami semua diajak untuk merelaksakikan diri dengan gerakan pemanasan dan dilanjutkan dengan senam pagi diiringi alunan musik yang sedang trend saat ini. Semua peserta turut bergoyang menikmati alunan lagu dalam suasana ceria dan bersahabat.

Usai kegiatan senam pagi, pemandu acara melanjutkan lagi dengan berbagai macam permainan. Bukan sembarang permainan, yang dimaksudkan di sini adalah permainan yang berbasis edukasi namun dikemas secara menyenangkan. Bukan hanya menyenangkan, tapi permainan tersebut tentunya juga memerlukan konsentrasi penuh. Dalam permainan tersebut, siapa yang kalah maka akan mendapatkan punishment. Selama kegiatan berlangsung, tampak semua peserta IHT sagat menikmati dan bersorak-sorak kegirangan. Banyak pula manfaat yang bisa kita petik dari kegiatan ini, diantaranya menyegarkan pikiran, mendapatkan ide-ide dan suasana baru dalam belajar, serta mampu meningkatkan daya kreativitas kita dalam merencanakan pembelajaran yang inovatif.

Untuk menciptakan pembelajaran yang nyaman, kondusif, dan menyenangkan hal ini bisa menjadi referensi bagi para guru. Sesekali peserta didik bisa diajak untuk menikmati pembelajaran di luar kelas. Tidak perlu jauh, coba dengan yang sederhana saja misalnya, membawa peserta didik ke taman sekolah, ke lapangan, ke tempat apapun yang sekiranya berada di luar kelas dan mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Sebagai guru yang kreatif, kita harus pandai untuk menciptakan suasana nyaman pada peserta didik. Buatlah mereka nyaman dengan kehadiran kita terlebih dahulu. Ketika mereka sudah merasakan kenyamanan kepada guru, maka secara tidak langsung mereka pun akan menyukai mata pelajaran yang akan diajarkan oleh guru tersebut. 

Untuk membekali peserta didik di abad 21 dalam menghadapi tantangan di era 4.0. platform GSM ini dapat merubah mindset, mental, perilaku, dan transformasi sekolah dengan efektif dan efisien. Kompetensi yang dipersiapkan antara lain critical thinking, creativity, communication, collaboration dan digital literasi (kompetensi yang berhubungan dengan perkembangan teknologi dan informasi), dimana pada masa mendatang SMK tidak hanya menghasilkan pekerja di sektor industri, tapi juga lulusan yang mahir berwirausaha dan dapat mengantarkan mereka menggali potensi sesuai dengan minat dan bakatnya. Pada sekolah yang berbasis GSM, selalu diupayakan untuk memberikan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan baik di sekolah, di rumah, di luar kelas, maupun di dunia maya yang sudah menjadi kebutuhan di era sekarang ini. Dari gambaran kegiatan IHT di atas, SKAMPAT siap mewujudkan GSM demi kelancaran proses belajar mengajar dan kesuksesan para murid di masa mendatang. 







      Bookmark and Share